Via Ponsel, Inilah Jejaring Sosial Musuh Facebook

Headline

Bill Nguyen yang menjual perusahaan terakhirnya ke Apple, 2009, kini menggebrak dunia teknologi. Ia meluncurkan jejaring sosial berbasis ponsel sebagai pesaing Facebook.

Aplikasi bernama Color (warna) ini merupakan aplikasi berbasis smartphone yang bisa dimanfaatkan pada ponsel iPhone dan Android. Color memungkinkan siapapun dalam jarak tertentu berbagi foto, video dan secara simultan mengirim pesan teks ke berbagai ponsel dengan real-time

Menganggap pertukaran foto dan video menjadi aktivitas paling populer di Facebook, pendiri Color berharap alikasi ini menciptakan jejaring sosial yang mampu berkembang di dunia pasca-PC (personal computer). Nguyen mengatakan, “Transisi pasca-PC di seluruh dunia akan menjadi perubahan mendasar. Kita akan berbagi lebih banyak informasi secara real-time.”

Nguyen yang pernah menjual start-up musik online Lala ke Apple dengan harga US$80 juta (Rp 720 miliar) juga sempat bekerja untuk produksi iPhone selama satu tahun. September tahun lalu, ia berhasil mengumpulkan dana US$14 juta (Rp 126 miliar) dari Bain Capital Ventures dan Silicon Valley Bank.

Color merupakan layanan bebas biaya dengan tanpa nama ataupun kata kunci, namun Nguyen dan tim berharap bisa menghasilkan sejumlah keuntungan dari iklan dan pemasaran berbasis layanan lokasi.

“Orang-orang mulai menyadari perangkat seperti iPhone dapat melakukan sesuatu di jejaring sosial, tidak seperti akses via komputer,” Mike Krupka dari Bain Capital Ventures.

Color sebelumnya mempekerjakan DJ Patil, kepala ilmuwan di jejaring sosial LinkedIn. Patil bergabung di Color sebagai direktur data yang membantu menganalisis sejumlah besar informasi saat pengguna aplikasi berpindah lokasi. Color merupakan start-up ke delapan yang dikembangkan Nguyen.

sumber : http://teknologi.inilah.com/read/detail/1355422/via-ponsel-inilah-jejaring-sosial-musuh-facebook